Great Facts About Pregnancy Myths

I am fulfilling my own mental note on the previous journal, which was writing about pregnancy/post-delivery myths.

Dari pertama kali hasil tes kehamilan menunjukkan tanda plus,  saya seringkali diingatkan oleh orang-orang terdekat soal apa saja yang boleh atau tidak dilakukan (atau dikonsumsi) selama masa kehamilan. Apakah saya mengikuti yang disarankan? Ya, untuk saran yang masuk akal. Sisanya hanya saya tanggapi dengan senyuman manis. Berikut beberapa hal yang hampir selalu diingatkan kepada para ibu hamil (or at least to me):

  1. Jangan mengonsumsi minuman dingin atau yang ditambahkan es batu. Alasan: nanti anaknya gemuk. Fakta: yang bisa membuat ukuran jabang bayi besar bukanlah suhu minuman atau es batu tetapi campuran yang ada di dalam minuman tersebut.  Contoh: Es Podeng, yang akan membuat bayi besar adalah kombinasi susu kental manis, coklat tabur dan podengnya karena kadar  gulanya tinggi. Atau es sirup, bukan dingin atau esnya tapi sirupnya yang ‘jahat’. Es atau air dingin suhunya akan berubah mengikuti suhu tubuh begitu masuk ke dalam mulut. Jadi untuk jenis minuman dengan kata pertama “es” yang sebenarnya harus diperhatikan adalah kata keduanya. Dari awal hamil hingga melahirkan saya selalu mengonsumsi air dingin (ditambah es batu yang banyak), Igo lahir dengan BB 3.2 kg.
  2. Banyak konsumsi air kacang hijau akan membuat rambut anak lebat. Fakta: lebat atau tidaknya rambut anak ditentukan oleh gen. Jadi tak ada gunanya membuat diri jadi kembung. Hehe.
  3. Air kelapa hijau akan membuat kulit anak putih. Fakta: seperti halnya rambut, warna kulit juga ditentukan oleh gen. Igo misalnya, saya tidak akan berharap pasrah jika kulit Igo sawo matang. Bagaimana tidak, ayah ibunya juga tidak putih. Hahahaha. Air kelapa hijau memiliki khasiat membersihkan bukan memutihkan kulit. Apa yang dibersihkan? Lendir yang menempel pada bayi saat dilahirkan. Bahkan kakak ipar berbagi pengalaman soal kelapa hijau ini, katanya bagi mereka yang perokok, untuk ‘lulus’ tes kesehatan (paru-paru) seminggu sebelum menjalani tes perbanyaklah konsumsi air kelapa hijau. Paru-paru akan bersih dari flek. (Ya, kakak ipar adalah seorang perokok)
  4. Kalau anaknya laki-laki, ibu akan mengalami kerontokan rambut luar biasa setelah melahirkan. Fakta: karena hormon, selama hamil rambut mengalami masa hibernasi. Jadi yang biasanya sehari rambut bisa rontok sekian helai (maks.100 helai/hari normalnya), selama hamil sangatlah berkurang. Hal ini akan berubah 180 derajat 12 minggu setelah melahirkan, saat hormon mulai kembali normal. Pada periode ini rambut bisa rontok hingga 500 helai/hari. Sounds horrible? It is! Untunglah saya termasuk kelompok topi tentara Inggris (baca blog sebelumnya).
  5. Kalau anaknya laki-laki, selama hamil pada beberapa area tubuh (seperti ketiak dan leher) kulit ibu akan timbul bercak hitam yang akan hilang sendiri setelah melahirkan. Fakta: kondisi ini dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Dan terjadi pada ibu hamil tanpa bergantung pada jenis kelamin bayi yang dikandungnya.Saya termasuk beruntung tidak mengalami hal ini.

Jadi, janganlah terlalu terpaku dengan masukan dari lingkungan. Perbanyak baca literatur kehamilan. Masa kehamilan memang penuh risiko yang membuat si ibu harus (lebih) berhati-hati tetapi bukan berarti hidup penuh rasa khawatir. Just try to enjoy the magical world of pregnancy while it lasts because as soon as the baby is born, you won’t be the center of attention anymore.

2 thoughts on “Great Facts About Pregnancy Myths

  1. Mau komentarin satu2….

    1. Gue termasuk yg jarang bgt minum air dingin waktu hamil. Paling waktu awal2 msh mual2 ga bisa minum air biasa, harus dingin atau hangat sekalian. Sisanya air biasa. Tapi ternyata anak gue gede2 aja hehehe…..

    2. Nyokap gue rajin bikinin air kacang hijau. Hasilnya? Rambut ara tipis2 aja…

    3. Bukan putih Man, tapi bersih katanya. Gue ga tau soal ini, krn gue jarang minum dan ga tau bedanya anak hasil minum air kelapa dan yang ngga.

    4. Guita yg anaknya perempuan juga rontok kok rambutnya.

    5. Gue menghitam bukan per spot gitu, tp keseluruhan badan jadi kyk kusam dan dekil hehe…. Kalo dekil mungkin krn males ngapa2in ya😛 Tapi setelah melahirkan emang jd rada bersihan & putihan lagi sih…

    • 1. Seperti yg gue tulis di atas, gue ga bisa minum kl ga dingin, Igo lahir dengan BB standar.

      2. Gue pun mengonsumsi kacang hijau (direbus biasa) tp karena pengen bukan krn rambut. Bisa2 kl mitos ini benar, Igo lahir kaya Yeti…hahahah.

      3. Gue hanya beberapa kali minum, pas lahir si Igo lendirnya masih biasa aja sih..

      4. Untung fase ini mulai lewat..gaswat rontoknya!

      5. Kl gue, emang item dr sananya..ahuahuahuahua…

Leave a Reply

