Love Is Here And Now You’re Gone

Kemarin adalah hari ke-100 sejak Om B wafat. Kami mengadakan pengajian kecil-kecilan di rumah dengan mengundang kerabat dekat serta teman-teman almarhum dan mama. Saya terlibat langsung dengan seluruh detil acara; dari mulai menyiapkan bingkisan (pemilihan buku doa bersampul suede coklat tua, membeli tasbih dan sajadah kecil di Tanah Abang, memesan tas spunbond  hingga memitakan kantung kecil bungkusan tasbih) sampai ke detik pelaksanaan. Mama terlihat senang merencanakan acara ini, berbeda dengan 100 hari lalu, dimana ia seperti kehilangan semangat hidupnya.

Seratus hari telah berlalu dan setiap hari saya menemukan fakta baru soal Om B. Betapa baiknya beliau kepada mereka yang kurang beruntung (bahkan saat memberikan uang pada pengamen, Om B selalu berusaha memberikannya dalam bentuk lembaran yang “layak”), disayangnya beliau di kalangan rekan kerja, saudara dan teman hingga rasa tanggung jawabnya yang begitu besar terhadap kedua adik saya yang notabene bukan anak kandungnya. I admire this from him the most. Karena sepanjang hidup kedua adik saya, mereka tidak pernah memiliki seorang ayah yang bertanggungjawab atas diri mereka. Well, I think I can say the same thing for myself. Ayah (kandung) kami masih hidup tetapi terlalu sibuk mengejar titel “Ayah” dibanding berusaha menjalankan kewajibannya sebagai seorang bapak.  Ironis.

Anyhoo, terkadang saya masih tak percaya Om B sudah tiada. Semalam perasaan ini kembali muncul ketika melihat mama tertawa bersama teman-teman mereka (Om B dan mama dulu satu sekolah), sepertinya Om B hanya belum pulang dari kantor dan bisa saja datang sewaktu-waktu kemudian bergabung tertawa bersama mama.

Kebersamaan kami memang terlalu singkat tetapi saya yakin apapun yang saya pelajari selama kami bersama akan menjadi bekal yang berguna untuk saya dan keluarga.

Om B, thank you for everything.

Leave a Reply

