Jend.Li Peng 9 Months

19 Desember lalu Igo genap 9 bulan. Apa saja sih perkembangannya dari usia 8 bulan? Ini dia jawabannya:

  • Current weight (after seeing his doctor last night for immunization): 9.9 kg and height 75 cm.
  • Merangkak sudah super cepat (DSA-nya bilang, “merangkak super cepat = sudah tidak ‘kepegang’ lagi.” You got that right, doc!) ditambah beberapa manuver yang seringkali membuat ibu dan Nenna menahan napas kemudian lupa menghembuskannya kembali😀.
  • Sudah bisa menopang dirinya dalam posisi berdiri dengan cukup kokoh. Sering sok pula, berpegangan hanya dengan satu tangan saja.
  • Di saat (mungkin) anak-anak lain sudah bisa melambaikan tangan untuk dadah, mengucapkan sepatah dua patah kata dengan sempurna atau bertepuk tangan, Igo malah cuek bebek. “Keahlian” yang ia bisa adalah menggelengkan kepala tiap kali terdengar musik, hal ini sudah Igo lakukan dari usia 6 bulan dan mencium kita dengan mulut terbuka lebar alias cium plus ludah.  I’m not worried though, I’m sure he’s just taking the time to observe. Eh benar saja,  melambaikan tangan, tepuk tangan, menunjuk (dengan sempurna), mata genit ia kuasai sekaligus. Lucu sekali melihat Igo ngelindur sambil bertepuk tangan.
  • Jadwal makan:  (susu dan camilan lain diberikan di antara jam makan)
  1. Jam 06.00 Makan I
  2. Jam 09.00 atau 09.30 Makan II
  3. Jam 11.00 Buah
  4. Jam 15.00 atau 16.00 Makan III
  • Tim sudah diberikan tanpa diblender atau saring lagi, full bubur kasar termasuk daging dan sayuran (yang tentunya dipotong lebih kecil dari biasanya).  Untuk sarapan biasanya Igo lebih menyukai roti tawar tanpa kulit, mungkin karena ia melihat Nenna dan Tantenya selalu makan roti pagi-pagi.
  • Mulai dibiasakan pup (termasuk bersih-bersihnya) di kamar mandi walaupun belum bisa memberikan isyarat ingin buang air. Wah, beruntung saya berhasil membeli soft potty seat bergambar Buzz Lightyear! Biasanya yang ada di toko perlengkapan bayi baik offline maupun online yang tersedia untuk anak laki-laki hanyalah Thomas dan Cars. I think he enjoys his ‘nongkrong’ time, bisa sambil ngoceh dan main. Next target: mengajarkan buang air kecil ala laki-laki, sepertinya untuk ini saya membutuhkan bantuan suami..ya iyalah dia kan alatnya sama😀.
  • Kenakalan makan: bakpao keju Oepao dan ia sukaaaa sekali!

Keep on growing, son. We’ll explore the world together!

2 thoughts on “Jend.Li Peng 9 Months

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s