Bye Bye Infant, Hello Toddler!

Hari ini tepat setahun usia Igo. Well, he’s exactly a year on 01.45 AM but who’s counting right? LOL. Rekap progress Igo sebulan terakhir dibuat sedikit berbeda ya😀.

Igo dan Makanan

Pelan-pelan Igo mulai dibiasakan makan dengan lauk dewasa. Kalau di rumah sih masih tetap masak khusus untuknya tapi kalau jalan-jalan ya dicoba makan di restoran. Bukan restoran cepat saji kok, hehe (sebelum ditimpuk khalayak umum). Biasanya kami akan memilih restoran dengan menu (cukup) rumahan. Igo suka sekali Sapo Tahu di Radja Ketjil dan Soto Kudus. Alhamdulillah perutnya bisa terima😀. Oh ya, rencananya saya akan memperkenalkan susu UHT juga walaupun sementara tetap akan diberikan susu formula. Pelan-pelanlah.

Igo dan kemajuan motoriknya

Setelah melangkah untuk pertama kalinya di usia 10 bulan, Igo lantas malas latihan jalan. Haha. Mungkin karena dia berpikir dia akan lebih cepat sampai pada tujuannya jika merangkak saja. Saya juga tidak memaksakan Igo untuk berlatih jalan, semaunya dia saja karena saya lihat dia belum terlalu percaya diri untuk berjalan tanpa berpegangan. Lama kelamaan rasa percaya dirinya muncul…mulai dari ‘menyeberang’ dari satu kursi ke kursi lain sampai akhirnya sekarang dia lebih banyak berjalan dibandingkan merangkak.

Igo dan sosialisasi

Rupanya Igo baru ngeh kalau ada makhluk kecil mini seperti dirinya. Hahaha. Lucu sekali melihat dia mencoba berinteraksi dengan keponakan-keponakannya. Ya, ke-po-na-kan…karena silsilah keluarga suami yang err…fantastis hihi..di usia setahun ini Igo sudah punya 5 keponakan dengan range usia 9 bulan-3 tahun. Tapi karena gerakan Igo grasa grusu jadilah para keponakan kadang merasa takut saat Igo mendekat. Hahaha. Bahkan keponakannya yang berusia  hampir dua tahun sukses dibuatnya menangis padahal Igo bermaksud untuk mengajaknya main.

PENGALAMAN MENJADI IBU

Bagi mereka yang mengenal saya secara pribadi, pasti berpikir status ibu tidak cocok dengan saya. Saya terlalu cuek tapi di lain sisi punya banyak aturan, rempong deh pokoknya. Saya pun awalnya ragu apakah bisa saya mengemban tanggung jawab besar itu. But like always, I took up the challenge head on. Sesulit apa sih?

Berbekal pengalaman membantu mama membesarkan kedua adik saya yang usianya terpaut cukup jauh, saya pun memulai perjalanan sebagai seorang ibu. Tak lupa saya mengumpulkan informasi soal perawatan bayi mulai dari soal susu, makanan pendamping, RUM, dll. Saya juga menerapkan prinsip “perhatikan reaksi anak” tiap kali Igo masuk fase baru. Semua referensi ya hanya dijadikan referensi, selebihnya saya menyerahkannya pada Igo karena untuk dialah saya mencari banyak informasi.

Sisi positif menjadi seorang ibu:

  • Lebih bisa bersyukur soal apapun; kesehatan (terutama) hingga waktu tidur tanpa gangguan yang biasanya hanya terjadi selama 2-3 jam saja di awal menjadi ibu.
  • Saya lebih bisa santai menghadapi semua hal. Merencanakan dengan detail tetap dilakukan tapi saya tidak mudah bete jika rencana yang sudah disusun meleset dari perkiraan.
  • Saya merasa hidup lebih seimbang.
  • Menurut seorang teman dekat, saya less jutek setelah menjadi seorang ibu. Whaaat? Does that mean I just lost my personal touch? Hahaha.
  • Kalau sedang merasa putus asa atau merasa tidak bisa melakukan sesuatu…saya bisa bilang ini kepada diri sendiri sebagai motivator: “Melahirkan normal aja bisa masa’ begini saja tidak bisa?” Hohoho.
  • Saya ingin menjadi lebih baik. Bukan berarti sebelumnya tidak lho😀, setelah punya anak…keinginan menjadi lebih baik meningkat tajam. I wanna be better because I have to set a good example for my family.
  • Saya lebih dekat dengan mama.

Sisi negatif:

  • Kantung mata terlihat jelas but it was all worth it!

HAPPY BIRTHDAY, IGO!

Semoga sehat selalu, menjadi anak shaleh dan pintar.

Ganteng sih sudah pasti ya, nak. Ayah dan ibu loves you so much!

8 thoughts on “Bye Bye Infant, Hello Toddler!

  1. Happy bday igooo…1 year lagi IGOOOOO!

    ini kapan nih ketemuan sama Nara, nara lagi seneng2nya sama manusia kecil yang uda bisa jalan nih hahaa…

    • Menjelang Igo ulang tahun, gue kalo liat dia lg main suka terharu dan merasa yaaa setahun pertama hidup anak itu sangat sangat menakjubkan. Dari mulai geletak ga berdaya smp akhirnya punya kemahiran bermacam2 T_T. Sempet kepikir buat kasih adek..tapi ntar dulu deh..hihihihi….

Leave a Reply

