Relax, It’s Just Common Cold!

Penyakit yang seringkali diderita batita (atau orang dewasa pada umumnya) adalah common cold atau batuk pilek ringan. Penyakit yang sebenarnya sangat sederhana dengan penanganan yang sederhana pula. Tapi banyak orangtua di luar sana masih meraba-raba soal apa yang harus dilakukan ketika batuk pilek ringan menyerang. Ada yang langsung membawa si anak ke dokter, ada juga yang bertahan dan menjalankan home treatment terlebih dahulu. Apapun jalan yang ditempuh, niatnya hanya satu: menyembuhkan si anak. Namun, tak ada salahnya kita mengenal lebih jauh soal batuk pilek ringan ini. Saya mengumpulkan informasi mengenai hal tersebut dari beberapa sumber di antaranya www.cdc.gov dan www.tabloid-nakita.com.

Gambaran Batuk Pilek Ringan

Gejala yang biasa dialami: hidung meler, tenggorokan sakit, berulang kali bersin, dan batuk.

Penyebab

Batuk Pilek Ringan

-Lebih dari 200 virus dapat menyebabkan penyakit ini.

-Rhinovirus adalah biang keladi yang paling umum.

Hidung Meler Saat Flu

Ketika pertama kali kuman penyebab flu menginfeksi hidung dan saluran sinus, hidung mengeluarkan lendir bening. Ini membantu mengeluarkan kuman dari dalam hidung dan saluran sinus. Setelah dua atau tiga hari, sel imun tubuh melawan, mengubah warna lendir menjadi putih atau kuning. Dan ketika bakteri baik mulai berkembang biak lagi di dalam hidung, juga dapat ditemukan pada lendir, warna lendir berubah menjadi kehijauan. Ini sangatlah normal dan Anda tak perlu buru-buru memberikan antibiotik.

Tanda dan Gejala Batuk Pilek Ringan

-Bersin

-Hidung meler atau justru tersumbat

-Tenggorokan gatal

-Batuk

-Mata berair

-Sakit kepala ringan

-Tubuh terasa ngilu

Konsultasi Ke Dokter Jika Anda atau Anak Anda Memiliki:

-Disertai demam yang berlangsung lebih dari 3 hari

-Anak rewel, lesu, lemas, dan menggigil

-Ingus semakin kental dengan warna kehijauan, berlangsung selama 2 minggu. Ini tandanya infeksi ditumpangi bakteri.

-Jarang buang air kecil atau tidak mau minum

-Dahak disertai bercak darah

-Gejala telah dirasakan lebih dari 10 hari

-Jika anak Anda berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam, sangatlah penting untuk menghubungi dokter secepatnya.

Antibiotik Diperlukan Jika…

Karena batuk pilek ringan disebabkan oleh virus, antibiotik tidak akan menyembuhkannya. Hidung meler atau flu hampir selalu sembuh dengan sendirinya, jadi sebaiknya Anda menunggu dan mengonsumsi antibiotik jika diperlukan saja. Mengonsumsi antibiotik di saat tubuh tidak membutuhkannya dapat berbahaya bagi kesehatan.

Tiap kali Anda atau anak Anda mengonsumsi antibiotik, bakteri yang umumnya hidup di dalam tubuh (di dalam kulit, saluran pencernaan, mulut, hidung, dll) akan kebal terhadapnya. Antibiotik umum tidak dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal tersebut.

Bagaimana Caranya Sembuh?

-Istirahat yang cukup

-Mengonsumsi makanan bergizi serta buah-buahan yang mengandung vitamin C.

-Jika pilek mengganggu aktivitas, berikan segelas air hangat. Ini akan melegakan hidung karena lendir akan menjadi lebih encer.

-Inhalasi tradisional. Isi baskom dengan air panas lalu berikan beberapa tetes minyak angin. Dekatkan anak pada baskom agar uapnya terhirup.

-Jika disertai demam lebih dari 38 derajat Celcius, beri obat penurun panas mengandung parasetamol.

-Jaga kelembapan kamar.

Pertolongan Pertama Menggunakan Obat Tradisional (PPMOT)

Pilek

  1. Buatkan minuman hangat seperti beras kencur atau jeruk peras
  2. Parut bawang merah kemudian tempelkan pada tulang leher ke-7 (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak telon atau kayu putih.

Penurun demam akibat batuk pilek

  1. Balurkan parutan bawang merah yang sudah dibubuhi sedikit minyak telon pada pusar dan ubun-ubun, juga punggung hingga bagian bokongnya sambil diurut secara lembut.
  2. Buatkan ramuan berupa secangkir air kelapa satu ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Tapi ramuan ini sebaiknya diberikan hanya pada bayi usia 8 bulan ke atas.
  3. Untuk anak yang berumur 5 tahun lebih, cobalah ramuan berupa campuran air kunyit dan madu. Bakarlah 1/2-1 ruas jari kunyit yang sudah bersih, kerik kulitnya lalu parut. Tuangkan air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian endapkan. Campur bagian air kunyit tanpa endapan ini dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian suapkan pada anak.

Batuk berlendir

Buat ramuan yang terdiri dari 1 siung bawang putih yang diparut ditambah masing-masing 1 sendok makan air jahe, air kunyit, air jeruk nipis, madu dan 3 sendok makan air matang. Kukuslah campuran bahan-bahan ini lalu minumkan anak 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

Dahak susah keluar

Parut 1 butir bawang merah dan 1 ruas jahe kemudian peras, ambil airnya. Campur dengan perasan dari 7 butir adas manis dan parutan 1 ruas kunyit. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 gelas air. Lalu kukus dan saring, kemudian berikan ke anak masing-masing 2 sendok teh 3 kali sehari.

Batuk

Ke dalam sebuah cangkir, masukkan perasan jeruk nipis 1 sendok makan lalu tambahkan madu dan air matang masing-masing 2 sendok makan. Kukus selama beberapa menit lalu dinginkan kembali. Setelah suam-suam kuku, minumkan ke anak 5 kali sehari sebanyak 1-2 sendok teh.

Mudah-mudahan sharing ini berguna!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s