Trust Us, Kiddo…It’s For Your Own Good

Menurut saya, ketakutan terbesar saya saat akan menjadi orangtua adalah besarnya tanggung jawab yang harus diemban kami berdua. Datang dari keluarga berlatar belakang tidak biasa membuat kami membuat serentetan catatan (di dalam pikiran dan hati) mengenai parenting. Belakangan, kami  justru bersyukur dengan adanya banyak corak dan warna dalam latar belakang kami. Tanpa disadari, semua pengalaman tidak enak yang telah kami lalui memberikan panduan dalam hal mendidik anak. Siapa sih yang mau anaknya mengalami hal yang sama dengan orangtuanya? Pasti semua ingin si anak mendapatkan yang lebih baik.

Ini yang menjadi poin yang harus kami perhatikan dalam mendidik anak-anak:

  • Agama menempati urutan pertama.
  • Bersikap adil pada anak sesuai porsi mereka.
  • Mengajarkan kemandirian sejak dini dengan pemikiran kelak jika terjadi apa-apa dengan kami, anak tidak akan menambah repot walinya. Insane? Tidak juga lah…kami realistis.
  • Kami harus mencari cara terbaik untuk mengenalkan konsep berbuat-baik-tidak-selalu-langsung-berbuah-manis. Yep, ini susah sekali bukan? Bahkan seringkali orang yang melakukan perbuatan baik malah “diinjak-injak”.
  • Manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Haha, ini lebih kepada saya yang memang termasuk well planned type of person. Saya mau anak-anak bisa lebih pasrah dan ikhlas menjalani hidupnya.
  • Kami harus bisa “tega” karena teganya kami itu untuk kebaikan mereka nanti.
  • Konsep susah kedua yang harus diperkenalkan pada anak-anak adalah disiplin dalam mengerjakan apa pun akan memudahkan kita. Sulit karena anak-anak baru akan merasakan hasilnya beberapa tahun mendatang saat mereka sudah sekolah.

Tentu saja daftar tersebut tidak berhenti pada poin ke-7. Selalu akan berkembang. Mudah-mudahan kami bisa menerapkan semuanya dalam pola mendidik anak. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s