Sedikit Lama-lama Menjadi Bukit

Hari ini lagi malas banget kerja😀 jadi nguprek-nguprek TL deh. Pas banget Nisha kasih link ke babycenter.com yang isinya tip bagaimana mengurangi pengeluaran rumah tangga. Meluncur lah saya dan langsung merasa digampar pada poin pertama. Hahaha. Kurang lebih begini isi laman tersebut (tentu saja sudah saya pilih yang bisa diaplikasikan di Indonesia ya):

  • Look For Hidden Waste Nah, yang  termasuk poin ini adalah pemilihan provider telepon, penyedia koneksi internet, dan  keanggotaan di pusat kebugaran. Yup, kenapa merasa digampar? Hihi karena saya waktu itu sedang membahas paket BIS dengan seorang teman. Bingung mau pilih yang akses penuh atau tidak. Karena merasa kebutuhan saya masih bisa dipenuhi dengan koneksi internet kantor dan rumah, saya memutuskan untuk tetap menggunakan paket BIS yang lebih murah😀.
  • Watch Those Credit Cards Saya mengakui kalau kami menggunakan kartu kredit dan dengan bangga saya umumkan (halah) kalau pemakaian kartu kredit kami sampai saat ini tidak berlebihan dan selalu lunas tiap bulannya. Apa kami tidak pernah tergoda memakainya untuk belanja hal sekunder/tersier? Tidak, kecuali hal tersebut sudah dianggarkan sebelumnya. Biasanya saya menyimpan bon pemakaian kartu kredit, selain untuk mencocokan di surat tagihan, cara ini juga ampuh untuk mengerem nafsu belanja. Maklum, tiap kali pemakaian saya juga meng-update laporan pengeluaran bulanan jadi angka-angka itu terlihat jelas sekali!
  • Find Cheaper Entertainment Biasanya sih kalau di awal minggu tidak ada pembicaraan akhir minggu itu akan kemana, kami hanya membeli DVD plus camilan dan menontonnya di rumah. Bosan? Kadang-kadang ya, tapi lihat sisi positifnya…selain lebih hemat, tiap kali bisa jalan ke luar rumah (entah itu hanya makan, main ke rumah teman atau benar-benar ngemol) sensasinya beda. Hahaha.
  • Be a Smart Shopper Tiap kali nafsu ingin belanja hal sekunder/tersier, saya selalu bertanya ini pada diri dan suami, “Butuh atau hanya ingin?” Hohoho. Karena saya Libra yang super plin plan, saya bisa lho bikin daftar pro dan kontra. Hahaha. Belanja bulanan kadang durasinya ekstra lama karena saya sibuk meneliti harga atau promo yang kira-kira sedang dilakukan oleh swalayan yang dikunjungi. Downside-nya: ketika nafsu window shopping sedang tinggi, saya suka membagikan link ke teman-teman alias “meracuni”. LOL.
  • Keep a Tight Rein on Your Budget Saya punya folder plastik merek Bantex yang khusus dibeli untuk menyimpan uang dan bon. Bagian dalam folder ada sekat-sekat dan bisa diberikan keterangan. Setiap habis gajian, saya pasti langsung memasukkan uang bensin + perawatan kendaraan, uang makan saya, uang makan suami, dan uang akhir minggu ke dalamnya…pokoknya harus cukup sampai gajian berikutnya! So far cara ini berhasil untuk kami. Setiap pengeluaran di luar anggaran bulanan pasti saya catat di gadget dan laporan berupa file Excel.

Phew! Jadi Menteri Keuangan RT saja repot, bagaimana jadi Menteri Keuangan negara?😀 Mudah-mudahan sharing ini berguna yaaa…

6 thoughts on “Sedikit Lama-lama Menjadi Bukit

    • Hihihi maaf ya..lo selalu jadi korban gue..😀
      Silakan lho dicoba tip Bantex-nya. Mudah-mudahan berhasil😛

Leave a Reply

