Bak Program Pemerintah Saja

Kapan rencana kasih adik untuk Igo?

Ini adalah pertanyaan standar urutan ketiga setelah “Kapan nikah?” dan “Sudah ‘isi’ belum?”. Orang Indonesia bawel ye. Hehe. Jujur, saya tidak pernah memasang target jumlah anak. Bukan karena takut tidak dipenuhi Yang Di Atas…memang tidak pernah terbayang saja. Wong akhirnya punya Igo saja saya sudah bersyukur sekali…bersyukur karena akhirnya saya “sadar” bahwa motherhood akan datang secara alami dan saya pasti bisa menjadi seorang ibu yang baik. Tapi kalau ditanya berapa jumlah anak yang saya inginkan…saya masih belum yakin.

Kenapa belum yakin sih? Biasalah…namanya juga manusia, biaya ina inu itu lho. Memang sih rezeki diatur Yang Di Atas dan (konon) tiap anak pasti membawa rezekinya masing-masing…I know that and  most importantly, I BELIEVE that tapi tetap saja…semua harus dipikirkan baik-baik. Selain masalah biaya, saya juga berpikir kesiapan mental kami menjadi orangtua untuk kedua kalinya. Adil dalam kasih sayang, adil dalam mendidik…adil dalam segala hal deh. Bukan perkara mudah kan? Jika ditanya, Febri itu ingin dua anak lagi. Jadi total anak kami (jika saya setuju) adalah tiga orang. Well, saya bilang padanya kalau (diizinkan Yang Di Atas) saya hanya mau dua anak. Supaya adil…saya bilang kalau Igo nanti punya adik kan jumlah anak kami tetap tiga orang. Hehe..ngeles bak Bajaj. So far pembicaraan kami soal jumlah anak hanya sampai di situ. Belum ada bahasan lebih lanjut mengenai kapan waktu yang tepat untuk kami “berusaha” untuk hamil lagi.

Beberapa hari lalu, MommiesDaily membahas mengenai plus minus jumlah anak. Plusnya anak tunggal apa, minusnya, dan dibahas juga persiapan finansial untuk orangtua yang ingin memiliki anak lebih dari satu. Entah kenapa, saya kok jadi yakin kalau nanti ingin memberikan adik untuk Igo. Bukan untuk menjadi teman Igo atau berpikir siapa yang akan mengurus kami kelak tua nanti…tapi murni memang karena saya ingin dua anak. Lah katanya mikir biaya dan kesiapan mental? Biaya, Insya Allah akan ada jalannya…yang penting kami terus berusaha dan ikhlas menjalaninya. Soal kesiapan mental, Insya Allah kalau memang kami diberikan kepercayaan lagi artinya itu yang terbaik untuk kami…artinya Allah memercayai kami untuk kedua kalinya. Jadi kami juga harus percaya kalau kami mampu (AMIN!). Lalu…kapan nih hamil laginya? Hehehe…soal itu, tidak dalam waktu dekat ini. Mungkin nanti kalau Igo sudah 3 tahun.

6 thoughts on “Bak Program Pemerintah Saja

  1. ya ampun mand..ternyata uda dipikirin juga yah hahaha😀 gw mikirin tapi im so in love with Nara…i cant imagine sharing my love to another baby T_T aneh deh gw…mungkin when the time comes kali -__-;

  2. Lho ya harus dipikirin lah kl mau punya financial plan yg ok
    *minta ditoyor ga gue?*
    Gue juga kl lagi main2 sm si Igo suka mikir hal yang sama seperti lo kok. Gimana ya kl punya anak lagi, apa bisa gue adil…tapi ya, Insya Allah bisa lah. Keep the faith aja *emang Bon Jovi?*

  3. Mand.. konon katanya kl pny anak jangan dijarakin 3 thn😀 atau kelipatan 3.. pusing 1 msk smp, 1 msk sm trus tar 1 msk sma 1 msk kuliah.. hehe😀

    • Sepertinya jarak usia 3-4 tahun ideal krn anak sdh mulai bisa diajak bicara soal adik dan tanggung jawab kakak plus sepertinya sudah cukup juga dpt perhatian & kasih sayang yg full dr orangtua. Hihi.

Leave a Reply

