E.N.C.O.K

Beberapa hari belakangan ini saya jompooo banget gara-gara lower back pain alias sakit punggung bawah alias pinggang encok. Hahaha. Awalnya karena salah posisi waktu angkat barang Jumat sore. Mestinya kalau mau angkat barang berat dari lantai, posisi kuda-kuda kita bukan dari berdiri tapi jongkok. Nah, Jumat itu sepertinya ada beberapa kali angkat yang langsung aja dari posisi berdiri. Stupid me…I know. 

Sabtu pagi, siap-siap acaranya Mommies Daily di Cipinang. Pinggang mulai terasa kaku dan sulit mengubah posisi badan. Febri langsung tanya, “Yakin kamu mau pergi dengan kondisi seperti itu?” Ya, jelas saya bilang tetap pergilah. Saya pun memakai kaus seragam lalu pas mau pakai jeans … eng ing eng, tidak bisa membungkuk! Masih maksain juga, pakai celana sambil duduk. Bisa … sampai akhirnya saya harus mengancingkan celana dan berdiri … alamak sakitnya bukan main. T__T

Melihat saya meringis, Febri ngomong lagi, “Kalau kamu paksa jalan juga … yang ada malah nyusahin teman-teman kamu.” Ahuhuhu. Akhirnya dengan berat hati saya pun laporan ke teman-teman kalau saya tidak bisa ikut. Sedih banget. Urus acaranya dari awal eh, puncaknya malah tidak bisa ikutan. Maafkan saya, ya, teman.

That day…all day long I felt an excruciating pain on my lower back. Ampun! Duduk? Tidak bisa. Berdiri? Doyong. Tidur? Bisa tapiii proses taruh badan di tempat tidur itu traumatis banget. Kebetulan tante punya lampu fisioterapi jadi  saya pun pinjam untuk pertolongan awal. Langsung bikin janji dengan tukang urut di rumah mertua. Selesai urut … lumayan mendingan. Tetap sulit duduk tapi setidaknya saya bisa lebih mudah mengubah posisi tubuh.

Salah satu keuntungan punya mama dokter adalah network-nya. Kata temannya mama yang dokter saraf, saya tidak boleh banyak bergerak. Lebih bagus lagi kalau bed rest. Fisioterapi dengan menghangatkan area yang sakit terus dilakukan. Sampai Selasa pinggang ini belum bisa kooperatif untuk duduk lama. Ish.

Tadinya mau ikut si mama ke kantornya untuk perawatan lagi. Tapi membayangkan harus berkendara sekian jam rasanya tidak sangguuuup. Akhirnya konsultasi ke dokter di RS dekat rumah saja. Hasilnya? “Ah, tidak apa-apa, kok. Ini tinggal pemulihan saja. Rajin peregangan, ya. Seperti ini, nih …,” kata Pak Dokter. Beliau juga kasih beberapa pantangan selama masa pemulihan ini, di antaranya tidur harus dengan posisi lurus, duduk harus tegak, lalu bangun tidur harus stretching dulu baru bisa bangkit dari tempat tidur.

Sekarang, hari ke-6, Alhamdulillah membaik. Tapi memang masih harus pelan-pelan beraktivitas. Pesan moral dari pengalaman ini adalaaaaah hati-hati kalau punya keinginan. Beberapa hari sebelum kejadian, saya sempat membatin, “Wah, sesekali enak juga, ya, kalau gantian saya yang diurus orang lain.” Het! Dikasih, lho! Dan ternyata … saya lebih suka jadi yang mengurus saja, deh. Mati gaya kalau tiduran melulu. Ampuuun!

12 thoughts on “E.N.C.O.K

  1. Gw juga pernah sakit punggung,gara2 ngangkat pot2 tanaman nyokap ga bener. Setelah sakit baru diajarin ngangkat yang bener -__- tapi belom sampe kaya lo. gws!

  2. gw pernah low back pain pas ito baru dua bulan😦 segala dibawa ke UGD pas tengah malem. huhu, ga bisa gendong ito lama-lama. sekarang aja kalo gendong ito lamaan dikit suka berasa tuh di bawah. sakitnyaaaaa. ayo, Man, olahraga, hihih

  3. bok…ini emak gw jg beberapa waktu lalu kayak elo, ampe bedrest 2 minggu…digerakin aja sakit bgt apalagi duduk dan berdiri. mud2 cpt sembuh man!

    • Iyaaaa T__T sakit banget, bok. Ganti posisi tidur aja kaya jompo gitu. Alhamdulillah sekarang udah gpp, sih.

  4. mann gw jg pernah. Jd gw bisa ngerasain deh sakitnya elo kyk gmn. bacanya aja gw ikut ngilu huhu. Mana gw waktu itu pas azka msh 2-3bln, tgh mlm pulak sakitnya pas ribet ganti2 diaper.

    Lebay bnr gw ampe ke RS aja pake kursi roda @_@ tp namapun susah gerak ya. Gw abis pijit jg jauh lbh enakan walo pas pijit gw tereak2 kesakitan

    Moga2 cpt pulih yaa :))

    • Gue bener-bener ga bisa duduk, lho. Tiap kali duduk atau setidaknya pinggang seperti menopang badan itu rasanya ngilu sampai ke kai T__T Alhamdulillah sekarang udah gak apa-apa.

    • Ada gerakan yoga yang akhirnya gue praktikkan tiap pagi tiap bangun tidur. Lumayan membantu. Teteup, sih, harus rutin olahraga😛 ini yang susah. Hihi.

Leave a Reply

