Ja … Ja … Yuk, Kita Kerja

Wuih … tidak terasa sudah hampir setahun saya bergabung di kantor ini. Sesuai dengan sambutan waktu masuk dulu, saya melalui proses penilaian setelah beberapa bulan kerja. Dan ternyata di kantor ini proses tersebut dilakukan dengan melakukan penilaian silang … alias saya isi formulir untuk menilai performa kerja sendiri lalu ada lagi formulir yang diisi oleh pihak kantor.

Butuh waktu agak lama untuk saya menyelesaikan formulir tersebut. Saya tidak mau gegabah menilai diri sendiri. Eh, pas hari review tiba ternyata Affi, yang mengisi formulir dari pihak kantor, memberikan nilai dan review yang kurang lebih sama dengan yang saya buat. Lalu waktu kami, sama Hani dan Nopai juga, ngobrol soal performa kerja saya, Hani kasih pertanyaan ini: “Lima tahun lagi, lo sudah tahu mau ngapain? Apa target pribadi lo?” Jujur saja, pertanyaan seperti inilah yang dengan telak membuat saya mati kutu. Saya bingung jawabnya.

Dibesarkan oleh perempuan bekerja tidak lantas membuat saya begitu detail merencanakan jalur karir. Saya pun lebih suka dengan istilah “wanita bekerja” ketimbang “wanita karir”. Setelah berpikir sebentar … saya menjawab, “Gue pernah ‘divonis’ oleh psikolog waktu psikotes kalau termasuk individu yang tidak berambisi tapi kalau dikasih satu tugas, gue akan pastikan tugas itu selesai dengan maksimal, bahkan lebih.” Langsung, deh, pada nyaut , “Berarti lo kompetitif, Man!” PLAK! Pretdutcuih.

Nah, selain poin kritik membangun, saya ditanya juga soal kesan-kesan selama kerja. Kalau ini, sih, tidak perlu bingung … jawabannya senang dan merasa tertantang. Maklumlah, dipaksa keluar dari zona nyaman dan langsung nyemplung ke dunia yang benar-benar baru. Tidak sangka juga saya bisa melaluinya tanpa merasa stres. Salah satu yang bikin senang di kantor sekarang adalah waktu kumpul-kumpulnya. Superseru! Kemarin kami bowling dalam rangka perpisahan Rizka. Yours trully belum pernah sekali pun main bowling jadilah pas ada waktu luang … ihihihihi … lihat caranya di YouTube. Eh, tim saya (terdiri dari Nopai, Lita, Wanda, dan Irma) jadi pemenang, lho. Saya sendiri tidak mengecewakanlah, hahaha … secara belum pernah main tapi bisa strike 3 kali. Beginner’s luck? Mungkin … tanding lagi apa? *sok* Setelah bowling, makan-makan, deeeeh. Ketawa-ketiwi sampai serak. Saya bersyukur banget karena bisa bilang, “I love my job AND my office.”

Leave a Reply

