Majalah?

Saat awal kerja di kantor sekarang, saya mendapat banyak sekali pertanyaan (dan tatapan aneh) seputar kerja di dunia digital atau online media. Biasanya, sih, yang ditanyakan itu adalah “Semacam Detik gitu?” hahaha. Nggak lama kemudian muncul juga pernyataan-pernyataan yang bilang kerja di dunia digital enak banget karena bisa dikerjakan di rumah. Uhm … ya, nggak segitu mudahnya, sih. Lebih fleksibel … ya, tapi kalau terus menerus kerja dari rumah, ya, jelas nggak bisa. Sama seperti kantor pada umumnya, kami juga butuh koordinasi. Kalau di rumah, walaupun sekarang apa-apa sudah online, tetap saja lebih sreg kalau ketemu langsung.

Beberapa waktu lalu Affi tweet kalau kantor sedang cari digital account strategist untuk proyek baru kami. Salah satu syaratnya adalah kalau bisa si kandidat ini adalah seorang ibu. Mulailah berdatangan pertanyaan apakah pekerjaan tersebut bisa dilakukan jarak jauh alias nggak ngantor. Tentu saja tidak bisa🙂 pekerjaan yang dimaksud sangat membutuhkan konsentrasi dan koordinasi yang cukup menyusahkan jika dilakukan dari rumah. “Ibu” yang dimaksud supaya lebih mudah tune in dengan hal yang nanti akan jadi tanggung jawabnya.

Kantor saya memang punya kelebihan yang cukup oke untuk pekerja perempuan, misalnya jika mendadak harus bawa anak ke kantor karena di rumah tidak ada yang jaga … bakal disambut dengan sukacita. Tapi tentu saja harus melihat situasi dan kondisi juga, ya. Kalau ada jadwal rapat ke luar tentu tidak bisa. Sejauh ini, sih, teman-teman di kantor bisa memahami batasannya. Tadi saya sudah bilang juga, kan, fleksibel bisa kerja dari mana saja (lagi-lagi dengan batas tertentu)? Kalau anak sakit, biasanya kita bisa izin sehari … bukan leyeh-leyeh tapi kerja dari rumah. “Kerja” artinya harus bisa dihubungi kalau-kalau ada urusan pekerjaan yang penting dan harus saat itu juga di-handle.

Nggak sedikit teman yang “iri” dengan kelebihan pekerjaan saya. But then again, semua ada plus-minuslah … cari yang terbanyak plusnya untuk kondisi kita saja🙂

mohon maaf lahir batin buat yang kena blur😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s