Janjinya Menjunjung

Sejak lulus sekolah, jujur, saya nggak terlalu ngeh dan “merayakan” hari besar kenegaraan … sampai Hari Sumpah Pemuda tahun ini. Nggak, sih, saya nggak merayakan peringatan tersebut tapi lebih ke merasa ngenes. Bagaimana nggak ngenes coba? Pada hari itu banyak yang menyuarakan harapannya terhadap pemuda negeri ini, semua inginnya pemuda bersatu demi Indonesia lebih baik … termasuk saya. Tapi ada satu hal yang sedikit “dilupakan” dari peringatan Hari Sumpah Pemuda itu … yaitu sumpah nomor tiga soal menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bukan, ini bukan mau bahas soal nasionalisme atau -isme lainnya. Bukan pula berhubungan dengan latar belakang pekerjaan saya. Belakangan, saya superkesal dengan munculnya bahasa “sok imut” seperti “ciyus” dan “miapah”. Saya nggak menemukan letak lucunya. Apalagi ketika “tren” itu berkembang, disuarakan di mana-mana hingga masuk ke dalam iklan penyedia jasa telekomunikasi dan muncul istilah “miowoh” untuk menggantikan “demi Allah” … cuma bisa merasa miris. Kok, bahasa yang menurut saya keren dan kaya banget ini bisa dilecehkan dengan sedemikiannya? Terutama untuk “demi Allah”, ya … ini paling nggak setuju, deh. Saya saja nggak suka kalau nama saya dilecehkan, masa iya berani melecehkan nama Yang Di Atas? Bahkan “demi Allah” sendiri juga tidak bisa sebebas itu dilontarkan, kan?

Menurut saya, bahasa Indonesia, seperti halnya kekayaan alam atau pulau-pulau di nusantara, harus rus rus dijaga. Dulu sepertinya banyak yang “idealis”, beranggapan kalau ngomong dengan campur bahasa Inggris itu kebarat-baratan. Ironis … saya sekarang lebih memilih mendengar obrolan campur bahasa Indonesia dan Inggris ketimbang murni bahasa Indonesia tetapi terselip istilah-istilah seperti “ciyus” dan “miapah” -____-.

Sudahlah … daripada berkoar-koar bersatu untuk Indonesia baru, gimana kalau dimulai dari diri kita sendiri menerapkan ketiga sumpah tersebut termasuk menjunjung tinggi bahasa persatuan?

Leave a Reply

