Ketika Cerita Berhenti di 23

Delapan bulan … waktu yang dihabiskan Ayu berjuang menjalani cobaan yang diberikan-Nya melalui kanker lidah. Bobotnya susut 30 kilogram lebih. Sulit sekali menatapnya tanpa rasa iba … tapi bagaimana Ayu harus kuat kalau orang lain terlihat nggak kuat melihatnya menjalani keseharian? Tiga Desember, tepat pada ulang tahun ibu mertua ke-71, Ayu beristirahat tenang. Siapa yang paling terpukul? Ayahnya, yang kakak ipar saya? Ibunya? Kakak dan adiknya? Bukan. Jawabannya adalah Dery.ย 

Dery sudah menemani hari-hari Ayu selama empat tahun. Nggak asinglah melihat sosoknya di acara keluarga kami. Dery setia banget, membantu Ayu menjalani hari terburuknya. Kalau Ayu kolaps dan masuk RS, Dery siap sedia di samping tempat tidur Ayu. Minggu sore saya lihat Dery begitu telaten meladeni permintaan Ayu yang merasa haus. Dery dengan sigap mengambil kantung plastik (untuk menampung air jika Ayu muntah), meletakkannya di bawah dagu Ayu, lalu dengan sabar memegangi gelas plus sedotannya. Beberapa saat sebelum garis takdir terlihat di monitor pantau jantung Dery berujar cukup kencang, “Yu, yang kuat. Ingat janji kita untuk bahagia berdua. Ingat, kan?” Nggak ada yang nggak nangis mendengarnya.

Usia Dery dan Ayu memang usia lagi-sayang-sayangnya. Usia di mana mereka mulai merajut mimpi rumah tangga. Wajar banget kalau Dery merasa kehilangan separuh nyawanya. Di ruang jenazah jelang kami bawa Ayu pulang ke rumah duka, Dery terlihat linglung sekali. Banjir teman yang datang membuatnya terisak … semuanya menepuk dan memeluk Dery, berusaha memberikan kekuatan walau mungkin sedikit. Kakak ipar berulang kali berkata pada Dery untuk kuat dan ikhlas, supaya Ayu tenang. Esoknya, Dery memenuhi janjinya untuk mengantarkan Ayu kemana pun … Dery mengantar Ayu ke dalam liang lahat, menerima jenazah kekasih hatinya dengan wajah sendu. Ikhlas, ya, Der ….

Ayu, kamu hebat dan kuat sekali. Beristirahatlah dengan tenang, Sayang.ย 

11 thoughts on “Ketika Cerita Berhenti di 23

  1. Selaku Tante dari almh. Ayu, dan atas nama keluarga, Tante mengucapkan banyak terima kasih buat teman2 semuaa yang sudah setia mendampingi Ayu dari sakit hingga pemakamannya. Yang gak putus dan lelahnya selalu membangkitkan semangatnya dan mengiringinya dengan doa dari Ayu sakit hingga Ayu dimakamkan..

    Atas nama Almarhumah, Tante juga mohon maaf yang sebesar2nya apabila selama hidupnya Almarhumah pernah berbuat yang mengecewakan teman2 semua baik sengaja maupun tidak sengaja.

    Sekali lagi, terima kasih buat teman2 semua, semoga Allah SWT membalas kebaikan teman2 semua.

    Rgds,
    Shinta.

  2. keponakan ya man ? aku sedih baca ceritanya, semoga itu yang terbaik buat Ayu. semoga Ayu tenang di sisi Allah. dery juga dikasih kesabaran & kekuatan

    • Ya, keponakan. Yakin sekali ini yang terbaik, mungkin nggak sejalan dengan keinginan tapi Allah paling tahulah๐Ÿ™‚ Terima kasih doanya buat Dery.

  3. turut berduka cita ya mba..sedih bacanya๐Ÿ˜ฆ aku juga baru baca ttg cecil yang sekarang lagi berjuang juga ngadepin kanker lidah…

    • Terima kasih, Anna. O, ya, saya juga baru dengar soal Cecil ini. Mudah-mudahan diberikan yang terbaik juga buatnya.

  4. ya ampun sedih banget. perasaan baru beberapa hari lalu nonton tivi ada penderita kanker lidah juga๐Ÿ˜ฅ

  5. Sy.. Pernah kenal ayu di PT. Emway Globalindo, blm lama kenal si.. Ayu jg hanya sebentar jd rekan kerja. Tp ayu ramah, senyumnya gak pernah lepas dr bibirnya itu yg paling sy inget,, sedih bgt denger ceritanya. Tp ุงู„ู„ู‘ู‡ู lebih tau yg terbaik buat ayu..
    ุงูู†ู‘ุง ู„ูู„ู‘ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู‘ุง ุงูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุฌูุนููˆู’ู† smg ayu dijauhkan dr siksa kubur, ditempat di surga, diterima amal ibadahnya diampuni dosa2nya…
    Buat dery,, smg semakin byk ุงู„ู„ู‘ู‡ู ciptakan laki2 yg setia & sabar spt dery..
    ุขู…ู‘ููŠู†ูŽ ูŠูŽ ุฑูŽ ุจู‘ูŽู„ู’ ุนูŽู„ูŽู…ููŠู‘ู†ู’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s