Apa ini? Apa itu?

Rabu sampai minggu lalu saya izin kerja dari rumah. Ria belum pulang dan di rumah nggak ada yang bisa dititipi Igo. Bawa Igo ke kantor? Bisa tapi malah nggak maksimal karena sebebas-bebasnya Igo main di kantor tetap saja ada batasan yang lebih strict dibanding di rumah, tentu bikin dia “bingung” dan saya jadi nggak fokus kerja. Kalau di rumah, sementara Igo sekolah (selama Ria pulkam, Igo sekolah sendiri dengan antar-jemput) saya bisa membereskan urusan domestik rumah sambil kerja. Setelah Igo pulang, kerja masih bisa disambi dengan lebih fokus. Tek-tokan email, YM, Whatsapp soal kerja berjalan lancar.

Nah, selama full di rumah 3 hari belakangan ini … saya tambah ngeh kalau Igo itu … err, aktif banget ngomong. Hihihi. Menurut The 10 Facts About, kebanyakan anak usia 4 tahun dalam sehari bisa melontarkan 437 pertanyaan dan volume suara anak usia 3 tahun lebih kencang dibandingkan volume suara 200 orang dewasa yang berada dalam restoran padat pengunjung. Wew. Dan Igo … mencakup kedua fakta tersebut. Apa saja yang biasa ditanyakannya? Dari mulai “Ini film apa, sih, Bu?” sampai “Kenapa semut ada yang melah dan hitam?”, zZzZz. Pokoknya dari mata terbuka sampai terpejam (saat tidur siang dan malam) nggak berhenti. Belum lagi polahnya yang nggak bisa diam. Menclok sana, menclok sini.

Beberapa bulan terakhir Igo lagi getol gambar dan mewarnai. Sekarang hobinya minta browsing beragam bentuk mobil, kereta, dan robot untuk dia jadikan contoh gambar. Lumayan, sih, pas gambar itu dia agak tenang. Selang 10 menit … mulai lagi, deh, nanya ina-inu. Hihihi. Pernah Si Mama cerita soal kejadian sebelum Igo bisa ngomong. Jadi Mama duduk di meja makan bareng adiknya dan Igo yang didudukkan di high chair. Rupanya tangan Igo kejepit sedikit, karena belum bisa bicara, Igo diam saja sampai akhirnya nangis perlahan karena merasa dicuekin. Wowo, adiknya Mama, bilang ke Igo, “Makanya, Gooo, cepat bisa bicara. Kalau nggak, mana tahu kalau tangannya kejepit.” Ealah, ternyata sekarang ngomooong melulu kecuali tidur.

“Bu, ayah pasti tambah sayang sama ibu kalena ibu bisa gambal Tlansfolmel”

Bawel itu keturunan nggak, sih? Sepertinya, ya. Hahaha. Dan yang bersalah menurunkan gen ini tidak lain, tidak bukan … yours truly. Ya, gitu, deeeh. Saya memang aslinya bawel … bicara sekian ratus kata per menit. Sekarang lagi ‘kena’ sama anak sendiri. Huahaha. Plusnya ‘kena’ sama Igo? Jadi tahu perasaan lingkungan saya kalau saya mulai berkicau :p Minusnya … biar kata anak sendiri, saya suka pusing meladeni Igo. Sepertinya, sih, manusiawi, ya😀 Febri biasanya kasih tatapan 30 belati ke saya, for passing the bawel gene, kalau dirinya mulai puyeng dengan keaktifan ngomong Igo. Maaf, yaaaaa. Risikomu ituuuu. Haha.

Biasanya kalau sudah di ubun-ubun banget, saya suka pura-pura nangis sambil bilang, “Gooo, kita quiet time 5 menit, yuk?” Nanti Igo akan mendatangi dan menangkan saya dengan bilang, “Ibu, pusing, ya, dengal aku ngomong? Aku, tuh, kenapa, ya, pengen ngomong melulu? Tlus pengen nanya melulu. Kenapa, sih, Buuu? Bu, aku boleh main ail? Kalau gambal naga? Mewalnai kuda pakai walna bilu? Eh, kenapa, sih, ya, Guazidan temanku rambutnya naik-naik gitu? Kenapa, Bu? Jawab, dong, Bu.” #eeaaa. Kalau sudah begini, saya cuma bisa hela napas dan peluk dia. Gooooo, ailapyu.

Satu hal yang saya selalu ingat tiap kali emosi naik karena polah Igo, Alhamdulillah anak ini aktif dan superbawel, artinya dia sehat. Lebih baik begitu dibanding Igo diam dan lesu karena sakit.

 

 

[Apakah tingkahnya berhubungan dengan arti namanya yang “anak laki-laki penuh semangat”? Eng ing eeeeng.]

4 thoughts on “Apa ini? Apa itu?

  1. Aku, tuh, kenapa, ya, pengen ngomong melulu?
    ya ampun Igo minta diuyeluyel bgt iniiii.. :)))

    eh, blom kenalan.. used to be ur silent reader.. :p
    haii manda, seneng deh sama blognyaa..🙂

Leave a Reply

