Jadi Netizen Yang Pintar

Beberapa waktu lalu di grup pertemanan ada yang share soal eks orang satu kantornya yang membuat blogpost soal pekerjaan; di mana ia pernah bekerja, sedang bekerja lengkap dengan jabatan, sampai foto kartu karyawan di mana terpampang jelas nama dia. Jadi, perempuan ini kecewa karena merasa tidak cocok dengan atasannya lalu mencari pekerjaan baru dan sebelum ada kepastian ia memutuskan untuk mundur dari pekerjaan lama. Apa yang terjadi kemudian? Atasan yang menurutnya “nggak enak” itu passed away dan ternyata paket yang ditawarkan pekerjaan baru sangat tidak sesuai dengan harapannya.

Ketika saya baca blognya yang saya tangkap adalah yang bersangkutan sangat tidak menyadari kekuatan dunia online saat ini. Ya, dia mungkin capek dengan situasi kantornya, lalu? Jutaan orang mungkin sedang mengalami hal yang sama. KZL (biar dibilang mudaan pakai istilah yang hits, LOL) dan nggak cocok sama atasan baru? Ih, Anda bukan orang pertama kali yang merasa hal tersebut. Bete karena sudah keburu mundur dari pekerjaan yang sebenarnya cukup disuka di saat pekerjaan baru belum kasih kepastian finansial atau apa pun? Yaaaa, itu mah risiko keputusan Anda, sayang. Mudah-mudahan dia bisa belajar dari pengalamannya.

Ternyata masih banyak (banget) orang yang menganggap blog dan akun media sosial sebagai catatan harian di mana mereka bisa menumpahkan segala uneg-uneg dan sumpah serapahnya. Padahal sudah banyak perusahaan mengamati aktivitas online karyawan atau calon karyawannya. Wajarlah, kan, kita bawa bendera mereka juga. Dan nggak sedikit juga cerita yang kita dengar soal bagaimana seseorang diminta mundur dari pekerjaannya terkait dengan aktivitas online-nya. Seperti salah satu praktisi public relation di Amerika, CMIIW, yang di-mention berjamaah oleh jutaan orang di Twitter terkait dengan tweet yang ia kirim sesaat sebelum ia masuk ke pesawat yang akan membawanya ke Afrika. Tweet-nya dibilang menghina. Ironisnya yang bersangkutan nggak ngeh dirinya dibahas satu dunia karena masih berada di dalam pesawat. Ia akhirnya meminta maaf dan menjelaskan kalau dirinya hanya bercanda tapi kelewat batas lantas ia mengundurkan diri dari firma tempat ia bekerja. Pastinya diminta mundurlah itu.

Kejadian di atas memang terjadi di luar Indonesia tapi di grup pertemanan itu ada yang share juga kalau salah satu rekan kerja suaminya di perusahaan pertambangan diminta mengundurkan diri karena salah satu aktivitas online-nya. Dia tidak cerita detail, sih, apa yang jadi masalah.

Berhati-hatilah di dunia online. Think before you post something; FB status, tweet, photo, important information regarding your family. Nggak cuma terkait dengan pekerjaan tapi juga saat menuliskan status atau blogpost yang berhubungan dengan detail pribadi. Jangan sampai terlalu jelas mengemukakan identitas, apalagi yang sudah berkeluarga. Sampai sekarang saya masih dilema mau bikin blogpost soal calon sekolah Igo atau tidak. Ingin berbagi informasi tapi parno juga. Ahahaha. Ada banyak hal negatif yang bisa muncul dari sebuah post, misalnya “teman” kita bisa saja menyebarluaskan hal yang kita muat tanpa izin dan merugikan kita di kemudian hari. Ingat kasus Dinda Path dan tempat duduk untuk ibu hamil?

Memang, sih, saya harus akui juga mengeluarkan uneg-uneg di media sosial sangat menggoda, apalagi di saat emosi lagi tinggi-tingginya. Tapi risikonya sangat tidak sepadan. Mungkin kalau lagi emosi dan jempol gatal mau goyang (ini mau ngetik apa joget?) tanyakan ini pada diri sendiri: “Kalau orang itu ada di depan saya, apakah saya berani mengeluarkan apa yang sedang saya pikirkan sekarang?” (disclaimerpost ini diketik saat saya cukup waras, haha) Never, EVER, post something when you are upsetBatasan soal dunia online masih belum jelas atau malah cukup jelas dibuat undang-undangnya lengkap dengan konsekuensi, tapi apa pun itu … buat batasan untuk diri sendiri. Bijak dalam beraktivitas online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s