Nina Bobo Modern

Salah satu hal yang bikin saya jiper untuk tambah anak adalah acak adulnya jadwal keseharian yang sudah mulai enak lagi setelah Igo beranjak besar. Yep, saya tipe penyuka keteraturan … perubahan jadwal atau rencana bisa bikin saya cranky. Tapi saya nggak sesaklek dulu, kok, sudah mulai bisa fleksibel sejak punya anak. Ya, mau nggak maulah, karena dalam beberapa waktu pertama hidup anak, kan, kita seakan-akan nggak punya kuasa apa pun. Jadwal ini berkaitan juga dengan waktu tidur … Igo sudah 5.5 tahun, berarti sudah cukup lama, dong, saya menikmati kembali tidur malam dengan durasi 6-8 jam? Kalau ada bayi lagi artinya saya, yang nggak kuat begadang ini,  harus mengulangi siklus adaptasi waktu tidur. Plus PR baru yaitu mencari selah agar si bayi juga mendapat tidur berkualitas.

Begitu Gya datang dan saya kembali dalam rutinitas punya bayi ternyata jadwal keseharian nggak banyak berubah. Bersyukur sekali Gya termasuk easy baby seperti Igo dulu karena nggak rempong sama urusan tidur. Tidur malam juga nggak sering terbangun. Masih dalam batas wajar. Hamdalah! Tantangannya justru datang dari Igo, namanya juga anak-anak, ya, jadi masih suka sulit mengerem aktivitasnya kalau Gya lagi tidur. Volume suara saat bicara tetap lantang, begitupun saat dia berkhayal. Haha. Tapi tak apa juga, sih, kami mau membiasakan Gya supaya bisa tidur dalam kondisi apa pun.

Omong-omong soal tidur, ternyata untuk anak-anak, aktivitas favorit saya itu (halah) tak kalah penting dengan nutrisi dan juga bermain. Kenapa nggak kalah penting? Soalnya saat tidur itulah perkembangan otak anak mencapai titik maksimalnya. Untuk anak usia 1-18 bulan waktu tidur yang dibutuhkan 15-18 jam sehari. (Kok, sepertinya saya juga butuh tidur sekian lama, ya? Haha). Dan pola tidur dari bayi akan berpengaruh sampai ia tumbuh besar, terutama saat usia sekolah. Jadi, dari bayi harus dibiasakan tidur malam di jam yang sama. Untuk tahu lebih jauh mengenai pentingnya tidur bagi anak, bisa klik link ini, ya: http://bit.ly/md2min

Biasanya pada ngapain, nih, saat menidurkan anak? Karena Igo dan Gya nggak drama kalau mau tidur jadi saya nggak punya pengalaman yang gimana banget, sih, saat menidurkan anak. Tapi saya ingat banget dulu ada satu sepupu saya yang kalau cranky mau tidur harus diajak keliling komplek naik mobil dulu. PR banget, ya. Haha. Paling banter saya harus indung-indung Igo dan Gya tapi itupun nggak selalu, hanya kalau mereka rewel entah karena kurang sehat atau tumbuh gigi. Igo punya kebiasaan tidur, yang Alhamdulillah nggak susah juga menghentikannya … dulu dia suka main-main dengan siku saya. Aneh, ya? Tapi dia merasa nyaman dan mudah tidur setelahnya. Saya khawatir juga, takut susah “menyapihnya” tapi ternyata nggak, kok. Waktu saya hamil Gya, saya bilang ke Igo kalau dia sudah tambah besar jadi harus bisa menghentikan kebiasaannya itu. Dia kasih deadline ke dirinya sendiri yaitu saat Gya lahir dan dia bisa menepati janjinya😀. Kalau Gya, anak ini sukanya tidur sambil mepet-mepet ke kita atau guling. Pokoknya harus nempel sesuatulah.

Pas dengan kebiasaan Gya, dapat hadiah Soothe & Glow Seahorse™ dari Fisher Price. Makhluk apa pula itu? It’s a lullaby toy. Membantu anak jadi lebih tenang dan tidur tanpa perlawanan. Pertama kali lihat, apa yang dilakukan Gya? Tentu saja mencobanya dengan lidah, hahaha. Namanya juga fase apa-apa masuk ke mulut, yaaaa. Waktu bagian perutnya ditekan lalu lampu serta lagunya muncul, dia bingung. Lama kelamaan boneka ini jadi teman mainnya. Agak melenceng dari tujuan, sih, tapi Gya terlihat suka mungkin karena lagunya menenangkan dan volumenya juga nggak kencang. Untuk membantu tidur, sepertinya durasi lagu kurang lama, deh. Jadi kalau anak baru mau masuk tahap kriyep-kriyep eh, lagunya habis … #eeaa mesti ulang prosesnya dari awal lagi. Mungkin akan lebih oke kalau ada tombol pengaturan durasi lagu, deh. Samar-samar ingat dulu Keyko atau Hannu (kedua adik saya) sepertinya punya mainan sejenis tapi bentuknya kura-kura (atau apa, ya), ada lampunya tapi minus lagu. Mungkin ini updated version-nya, ya😀

Soothe & Glow Seahorse Gathering at Grand Indonesia

Nah, berkaitan dengan isu tidur penting untuk anak, Fisher Price Indonesia lagi adakan kontes #bayikubobo di www.bayikubobo.com. Cara ikutannya gampang, unggah foto anak disertai cerita pendek berisi kiat menidurkan anak lalu ajak teman, saudara, rekan kerja, mantan pacarnya suami (gyahahaha) buat vote, deh. Hadiah utamanya ada paket spa anak dan tentunya produk Fisher Price senilai jutaan rupiah. Informasi lengkapnya bisa dilihat di www.facebook.com/FisherPriceID, juga akun resmi Twitter Fisher Price Indonesia. Kalau mau cek-cek produk Fisher Price mana yang sudah tersedia di Indonesia boleh, lho, follow akun Instagram mereka. Atau bisa juga lihat video berikut ini: http://bit.ly/md30secJangan sampai ketinggalan, ya.

7 thoughts on “Nina Bobo Modern

  1. anakku pernah tuh melalui masa kalo tidur harus di bawa jalan2 keliling dulu pake mobil.. tp sebenernya itu maunya aku juga sih biar bisa sekedar jalan2 kalo bosen seharian di rumah.. skarang aku lagi males jalan2, anakku anteng2 aja tuh tidurnya.. hahaha..

Leave a Reply

